SEJARAH SINGKAT KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) SWASTI SARI

 SEJARAHSINGKAT KOPERASI KREDIT (CREDIT UNION) SWASTI SARI 
 

Koperasi Kredit Swasti Sari adalah lembaga ekonomi usaha keuangan yang dikembangkan oleh anggota untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga dari anggota itu sendiri serta masyarakat sekitarnya.  Koperasi Kredit Swasti Sari pengertiannya sebagaimana koperasi di Indonesia pada umumnya, Kredit berasal dari kata Credere yang artinya kepercayaan, sedangkan Swasti Sari artinya inti/kebenaran dari ilmu pengetahuan.  Jadi arti dari Kopdit Swasti Sari adalah  kebenaran ilmu pengetahuan tentang perkoperasian yang mengatur tentang pendidikan anggota, kebenaran akan sistem administrasi yang berlaku serta kebenaran akan iformasi teknologi.  Dengan adanya kebenaran ini maka koperasi kredit Swasti Sari akan semakin dipercaya, ercaya terhadap itikad baik pengelolaan administrasi yang professional serta percaya pada sistem manajemen yang terbuka (open management) dengan adanya saling percaya diharapkan koperasi dapat berkembang seirama dengan meningkatkan kesejahteraan  keluarga para anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Koperasi Kredit Swasti Sari berdiri sejak 01 Februari  1988 yang di awali dengan nama Credit Union Swasti Sari.  Pencetus adalah Sr. Caroli, CB dan dilaksanakan pertama kali oleh Sr. Antari, CB selaku ketua yayasan Swasti Sari KAK waktu itu awalnya anggota hanya terdiri dari guru dan pegawai yayayan Keuskupan Agung Kupang (YASWARI KAK) serta anggota keluarga. Kemudian dalam perjalanan tepat tahun 1997 mengalami perubahan Anggaran Dasar dengan nomor 10/PAD/KWK/24/IV/1997 tentang program koperasi dan penerimaan anggota Koperasi, dimana Koperasi   membuka diri untuk menerima anggota luar dari berbagai golongan  khususnya di wilayah Kota dan Kabupaten Kupang.   Tahun 1990 sudah menjadi anggota Daperma (Dana Perlindungan Masyarakat) serta menjadi anggota silang pinjam Daerah Pusat Koperasi kredit (Puskopdit) Bekatigade Timor.  Koperasi Kredit Swasti Sari merasa dituntut untuk meningkakan kinerjanya lewat program pengembangan anggota, peningkatan modal sekaligus meningkatkan dana cadangan lewat peningkatan  hasil usaha untuk tahun yang akan datang.
Koperasi Kredit Swasti Sari  Kupang  pada posisi 31 Desember 2011 telah memiliki asset/ kekayaan sebesar Rp. 111.045.596.217, jumlah anngota sebanyak 13.020 orang, total pinjaman yang di cairkan tahun 2011 sudah sebesar Rp. 75.656.200.000 kepada 4.261 anggota. Diharapkan pertumbuhan seperti ini dapat terjadi untuk masa yang akan dating sehingga pelayanan kepada anggota lebih meningkat lagi, baik kuantitas maupun kualitas.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »